Sabtu, 05 Februari 2011

Yuk bikin franchise KUA

Dikarenakan mayoritas kantor merayakan imlek, so..business will be resumed on Feb 7th, 2011..which mean..i have a very long weekend..yaaaay!

Dan hari ini, hari jumat kejepit yg biasa dikenal as harpitnas bakal aku manfaatin untuk urus2 surat KUA

agak telat sih kayanya..apalagi according daisypath its just 4 more months to go..argh! Jadi aku targetin, at least selambat2nya pertengahan februari ini KUA done..

Aku udah mengirim si mas untuk pulang ke kandang eh rumahnya buat urusin berkas yg diperluin buat nikah, karena nanti kita nikah d gedung,jd harus pake surat ijin dr KUA setempat dulu..

Pagi2 si mas nelp aku dan nanya depperind masuk KUA mana? Mampuslah gw lg tidur dikagetin sama pertanyaan kaya gt..but i manage well kok.. :D

Masi pake 1/4 nyawa yg kekumpul buat tlp gedung,dan nanya masuk KUA mana, ternyata masuk ke KUA setiabudi..

Pas waktu lg telp..kiri pgang telp,dan tangan yg satu lg..pegang hp sambil googling where the heck is alamatnya KUA setiabudi..

Setelah make sure sama KUA nya kalo depperind emang masuk daerah mereka..si mas cerita lagi..kalau baru aja dia dipermalukan sama satu kelurahan

pas orang kelurahan dia liat tahun lahir dan tau umurnya ud above 30, tiba2 tu petugas bilang..

"wah d atas 30 ya? Harus isi formulir dulu pak..ini khusus buat yg blm nikah tp ud d atas 30 umurnya..bentar saya cariin"

dan mulailah petugas itu teriak2 heboh sampe d denger semua org yg ada d kantor itu..

"woi! Minta form nikah yg buat d atas 30thn dong..buat bapak ini nih! Saya gapunya form nya" ngomong sambil nunjuk2 si mas..hahaha

tp si mas berhasil kabur dr tatapan seluruh penghuni kelurahan dgn dalih mau beli materai, dan end up misuh2 d tlp sama aku karena merasa dipermalukan..gyahahahaha

siangnya..its my turn buat urus KUA..aku bisanya siang krn harus nunggu papa pulang jumatan dulu..

Proses di RT/RW di skip, kita lgsg ke kelurahan..untuk minta surat sbb:

N1 (keterangan nikah)
N2 (keterangan asal usul) dan
N4 (keterangan ortu) dan semua dokumen tsb harus disertai ftkp ktp ku, ktp wali nikah (papa) dan kk semuanya 2 rangkap

kalau semua berkas d atas udah lengkap..baru bawa ke KUA setempat untuk dibikinin surat rekomendasi nikah di KUA setiabudi

proses di kelurahan going well, di KUA pun gt, sampe pas ud selesai..kepala nya bilang..

"administrasi 200rb" dgn cueknya! Aku pikir what the h***?! Untuk satu lembar surat yg bahkan pihak KUA ga ada effortnya sama sekali Buat ngetik itu surat, dan lo minta gw bayar 200k for that? Untuk selembar itu? Really??

Tadinya ud mau ngajakin berantem,tp kata papa kasih aja..ikhlasin..yauda akhirnya dengan berat hati dan *gak* ikhlas, pake tampang super jutek, aku bayar jg deh itu adm siluman..

Later on..sorenya aku tlp si mas,ceritain soal 200k dan si mas bilang KUA sinting! Karena dia cm bayar 15k doang..itupun salam tempel..


Kalo gitu caranya..besok2 gw bikin franchise baru, KUA franchise..pasti cepet kaya..baru satu surat aja harganya segitu..blm pake penghulu..bs brp lagi itu ditembak harganya?

Besok mau googling itu UU tentang tata cara pernikahan plus mau print dan bawa undang2 yg menyatakan kalo penghulu gak boleh minta tarif..buat persiapan urus berkas di KUA setiabudi senen besok..semoga aja KUA nya gak matre..

Seriously pissed by this department..Mafia semua isinya! Grrrr..

1 komentar:

  1. langsung googling eh dapet neh say dari ok zone

    dalam Instruksi Menteri Agama Nomor 2 Tahun 2004, membayar biaya nikah harus melalui bank.

    Sekadar diketahui, dalam Peraturan Pemerintah No 51 Tahun 2002 disebutkan biaya resmi nikah hanya Rp30.000. Tapi masih ditambah biaya konsultasi perkawinan di BP4 sekira Rp15.000. Kalau penghulunya dipanggil, maka akan dikenakan biaya tidak lebih dari Rp50.000.

    copas dari ini http://news.okezone.com/read/2010/04/27/337/326807/selain-calo-pungli-pun-merajalela

    BalasHapus