Jumat, 09 Maret 2012

Prenatal Yoga vs Senam Hamil

Jadi..

Berhubung kelas 5x visit yoga gw udah abis..let's try senam hamil..karena udah masuk 7 bulan pun ya..jadi udah di bolehin kan tuh yg namanya ikutan senam hamil..berhubung katanya senam hamil ini agak berbahaya dilakukan di bawah 7 bulan, takut bisa bikin kontraksi..

So..last 2 weeks, ikutan deh gw nyobain senam hamil di RS Royal Taruma, karena ga dapet tempat di Puri..hahahahaha *menyedihkan* berhubung bukan pasien disono yak..jadi deh bayar Rp 15.000 buat 1 sesi senam hamil yang kebetulan minggu itu ada seminar juga..

Mungkin karena gak terlalu banyak gerakan senamnya karena ada sesi seminar itu, jadi agak kurang berasa gimana gitu..berasa kaya gak olahraga..

Abis seminardan senam hamil..seneng..karena dikasih banyak freebies dari sponsor termasuk discount card nya Pigeon..dan makanan..roti+sari kacang hijau kotakan to be precise..

Next weeknya..nyobain lagi senam hamil di RS Puri Indah..disini pasien ataupun bukan dikenakan tarif Rp 40.000 per kedatangan..tapi jumlah peserta dibatasin max 15 org..

So far sih senam disini lebih better daripada di Royal Taruma, karena bidannya enak ngasih penjelasannya, dan cukup jelas..oh iya..ada sesi tanya jawab juga sama dokter, dan..makanannya..semuanya fresh food, bukan kotakan, yang paling penting enyak!  *ini sebenernya mau ngereview senam apa makan sik* oh iya dan juga gak ada itu promosi terselubung dari produsen susu bumil seperti di  Rs yang satu lagi itu..hehehehe

Tapi ya..sampe sekarang gw masih super bingung dimananya sik gerakan senam hamil yang katanya berbahaya kalau dilakuin sebelum 3rd 3mester krn bisa bikin kontraksi itu???

Karena selama 2x pengalaman gw senam hamil, latihannya gitu2 aja, dikit2 rebahan tidur2an..padahal kata temen2 gw yg udah nyoba si senam hamilton ini, bisa sampe keringetan bercucuran kemana2..


MANA KERINGETANNYA???? HAH??? HAH???!! *songong* kalau gerakannya cuma begitu2 aja..gw bingung apanya yg latihan otot sik kalau kayak begitu..gw pun bingung kenapa banyak yg bilang bisa bikin kontraksi..

si senam hamil ini..jauuuuuh sekali rasanya kalau dicompare sama prenatal yoga..*hail for prenatal yoga* karena after yoga, meskipun keringetan ngos2an, tapi berasa banget badan jadi lebih fleksibel, lebih ringan, sakit encok2 ilang semua, dan yang pasti lebih seger aja..dan kayanya selama gw ber yoga, hampir no case ada yg kontraksi juga..padahal gerakan2nya jauh lebih extreme dari senam hamil..

Badan gw dan a dear friend yg beryoga bersama gw, terbukti jauh lebih fleksibel daripada bumil lain yang ikutan senam hamil di Puri last week..terbukti dari gerakan simpel..rutin nya warming up di prenatal yoga yang kemaren diperagain di kelas senam hamil, banyak bumil yg salah gerak, berhenti krn kecapean, dll dll, padahal itu cm gerakan breathing..

Another case..gerakan duduk bersila..banyak bumil yg kesusahan, sementara buat gw dan dear friend..bisa ngelakuin dengan gampang..ya kalau gw bilang sih itu semua hasil "siksaan" di prenatal yoga..

So after this..i'll say babay to senam hamil, let's back to prenatal yoga..for bumil out there..just try  Prenatal Yoga and forget itu yang namanya senam hamil deh..it really works during pregnancy for muscle exercise, terlebih otot2 bagian bawah buat mempersiapkan kelahiran, reducing pain dan bikin badan jadi lebih fit..seriously highly recommend deh..^_^

5 komentar:

  1. pose yoga favorit gue : hadap kiri peluk guling!! :))

    BalasHapus
  2. hi hi.. boleh tau dikau prenatal yoga dimana ya? daerah barat kah? kebetulan daku didaerah barat jg..
    kalau ada di daerah barat ooowww bahagiannyaaa
    many thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku di jakartadoyoga di sarinah, pernah review juga kok ttempat yoga nya ada di archive bulan januari :)

      Hapus
  3. Iya sangat keran dan membantu sekalii..
    oya kalau untuk toko yang jual baju senam untuk ibu hamil yang kualitasnya okr dan harganya murah di mana ya...

    BalasHapus