Senin, 19 Maret 2012

33 weeks..bembul updated

Masuk ke week 33..udah bisa ngapain aja si bembul di dalem?

Lately dia makin sering hiccups aliyas kecekukan..gak pagi gak malem..seriiing banget kecekukan..gimana tau dia bisa kecekukan? gampang kok..di perut dia bergerak jedut2 kecil gitu tapi konstan untuk jangka waktu yg lama..kadang 10-15 menit, seringnya sih lebih..

Menurut info di gugel..katanya si bembul itu lagi belajar bernafas..biar nanti pas dia keluar ke dunia, langsung bisa menghirup oksigen..lucu yah..

Oh iya..dari mulai week ke 32 kemaren pun, colostrum saya alhamdulillah sudah keluar *kalok dipencet doang* berawal dari iseng2 perdana bersihin dan masas area tetikadi..pake metode usap air panas-dingin pake kapas itu..ternyata ngefek banget loh buat angkat kotoran di sekitar areola..karena terbukti kapas gw jadi agak kotor..hahahaha (ini apa krn gw jarang mandi ya?)

Langkah awalnya..yang pertama di masas spiral dulu pelan-pelan..gabakal bikin kontraksi kok karena kan yg di stimulate bukan bagian nipple..abis itu baru di usap perlahan pake si kapas/waslap yg udah direndem air hangat..abis itu gantian usap waslap yg udah di rendem air dingin, begitu terus diulang beberapa kali (atau lebih tepatnya sampe bosen)

Oh iya, jangan lupa bersihin bagian tengah nipple karena disitu ternyata banyak semacam kulit mati yang nempel..tapi pelan aja yaaa..jangan kasar2 salah2 tar kontraksi lagi..

Nah abis dibersihin gitu, kan iseng ya gw pencet2..eh keluar loh cairan bening..tanya2 di forum sih katanya itu bukan colostrum, tapi setelah tanya ke dokter, dia bilang itu colostrum..

cairan yang keluar bening tadi lama kelamaan warnanya berubah jadi putih kekuningan mirip2 susu..dokter bilang rajin2 aja dibersihin tapi inget ya jangan stimulate bagian nipple nya..tar kontraksi!

Tapi ya berhubung gw kecentilan bin iseng..jadilah tiap kali abis dibersihin dan di masas..tak pencet2 dikit..maklum pun norak..alhamdulillah yang tadinya si colostrum itu cuma keluar dari satu titik aja, sekarang udah keluar dari 3-4 titik..

Pas pamer sama bembo..dia bilang dengan semangatnya "wah ternyata tetikadinya berfungsi juga yah!" *jleb* mentang2 tetikadi gw tutup gelas gitu jadi sangsi banget kali ya dia kalok ini bisa berfungsi dengan baik dan benar..huh!

1 komentar:

  1. wiiii senang nyaa dah keluar... asekkkkk..

    smuga byk asi nya nanti yahh

    BalasHapus