Kamis, 29 Maret 2012

my ultimate #1 supporter

Bentar lagi kan due date gw yah yah..dan gw pun udah cerita sebelumnya kalau alhamdulillah colostrumnya udah keluar..jelas gw excited dan merasa bersyukur karena harapan gw untuk bisa kasih ASI cukup gede..(selain karena ASI bagus untuk bembul, lebi murah dibanding sufor yg harga sekalengnya bikin gw migrain, pun cara tercepat untuk menciutkan lonjakan BB gw yg ud naik 17kg ini menjadi BB semula sebelum hamdun *ketawa setan*)

Semenjak si colostrum keluar, makin rajin lah gw bersihin dan masa pelan-pelan itu kendi susu..dengan harapan biar pas lahiran nanti ASI langsung keluar jadi bembul bisa dapet ASI nya dari day 1 dia di dunia..

Tapi..tetep aja ada suara sumbang dari orang di sekitar gw..karena nanti kalau cuti gw udah selesai gw rencana mau pumping..jadi gw tanya2 sama banyak orang, but what i got..mulai dari temen kantor yang bilang kalau makin sering di pump bakal kering kendi nya..

yang jelas ga gitu aja gw percaya karena setelah browsing seharian dan juga pengalaman sahabat gw sendiri..ternyata kita bisa tetep ngasi ASI dengan metode eping (exclusive pumping) yang bukannya malah bikin kering ASI, tapi bisa bikin ASI terus di produksi karena yg gw tau badan kita akan memproduksi ASI kalau kendi nya udah kosong..sistem supply=demand berlaku disini

suara sumbang lainnya dateng dari lingkaran keluarga gw sendiri..yep..sepupu-sepupu  gw yang banyaknya alaihim itu yang nanya gw mau apa buat lahiran nanti..dengan lantang gw jawab breast pump..dan dapet jawaban..


"ah ASI paling ga keluar kalopun keluar cuma dipake sebentar aja ntar juga minum sufor" (noted that 90% dr cousin gw gada yang menyusui..cuma 1 dari 10 org sepupu gw yg ngasi anaknya ASIX dan  ASI smp 2thn)

Tapi..suamami sayah yang gembul itu..yakin kalau nanti gw bisa ngasi ASI buat si bembul..he support me 100% haqul yaqin dah apalagi pas liat colostrum gw keluar..dan tentu saja niat gw buat beli breast pump langsung di approve sama dia..

and i end up wif..aku dibeliin breast pump sama bembo..bukan yang manual, tapi yg elektrik karena dia bilang kasian nanti klo manual tangannya bisa cape..unyuw unyuw sekali deh kamu bembo..

after si pump dateng..jelas gw dan dia excited dong..saking excitednya..dia duluan yang nyobain si pump itu doooong..ditemplok di kendi nya dia..buat ngetes is it hurt or not..hahahaha..selanjutnya gw nekat nyoba dan alhamdulillah ndak sakit, plus si colostrum keluar dikit..(yang tentunya langsung gw hentikan percobaan gw daripada end up kontraksi)
 yes yes i know kita pasangan laki bini sutress..hahahaha


tapi..ada sedikit suara sumbang lagi..yang dateng dari emak gw sendiri..yang sangsi kalo nanti itu pump bakal kepake..karena lagi-lagi..ada kata2..takut ntar ASI nya ga keluar..berhubung dulu ASI emak gw ga keluar dan gw pun otomatis jadi anak sufor :D

tapi itu kan duluuuuu..28 tahun yg lalu dimana belom ada yg namanya klinik laktasi dan pengetahuan tentang ASI ga sehebring sekarang deym! ketauan umur gw sekarang

oh well i already prepared myself dan niat kekeuh buat ngasi bembul ASIX kalau nanti worst case nya ga keluar..gw udah tau gw harus kemana..dan gw yakin dengan gw ke klinik laktasi plus konsumsi segala macem ASI booster insya allah ASI gw akan keluar..

Untunglah gw punya bembo yg selalu yakin gw bisa ASIX, i don't have to worry..tinggal pasang earmuff aja klo orang lain mulai bersuara sumbang..

mamacih ya bemboooo..buat breast pump nyah..mamacih yaaa for being my #1 supporter buat ngasi ASIX ^_^

6 komentar:

  1. jadi intinya kalo pun asi kita ga keluar,ada caranya gt buat bikin asi kita lancar? soalnya sya kturunan asi sedikit, sdgkn sya pgen bs kasih asi ank sya nanti. kawin aja blum ngmgin asi :D

    BalasHapus
  2. @selina di klinik laktasi kan nanti diajarin caranya entah itu masas atau apapun yg bisa ngerangsang keluarnya ASI..plus sekarang kan udah banyak booster buat ASI..ada habbatusauda, ada emab tea..ada daun katuk dll dll..

    positif thinking, sugesti dan niat insya allah bisa ASI kok nanti..i always believe where's a will there's a way :)

    BalasHapus
  3. semangat kasih asi nya buat c bembul... gak usah dengerin mak org mau ngomong apa yg penting yakin klo bs kasih ASI ke bembul..

    BalasHapus
  4. @ndha: ho oh..demi cepet kurus..gw harus semangat! *loh ini kenapa motivasinya udah melenceng jauh bener*

    BalasHapus
  5. semangaaattt... pokonya jangan stress... krn yang bikin ASI ga keluar itu adalah suara sumbang yang bikin stress... (meskipun gw jg belon ngalamin sihh)

    listen to ur bembo :)

    BalasHapus
  6. Lama2 sakit la klo di pump soalnya sehari bs brp kali gt, trgantung kebutuhan. Actually ksh pake botol lbh cpt sih dibanding latching. Pegel banget dah ah latching bs berjam2, 2 jam kmudian udah laper lg. Tp klo ga latching nanti bs kering, ini bneran lho la. Jd memang hrs ada wktnya latching, ga boleh dipompa terus soalnya sodara gw ada yg bernasib demikian.

    nanti lo coba diperes jg aja soalnya lbh cepet & ga sakit bo...

    BalasHapus