Senin, 30 Januari 2012

ASI vs SUFOR

Iyeeeh emang gw belom sah kok jadi ibu..secara baby nya juga masi di perut (dan nampaknya dia lagi tidur sekarang) cuma yah soal mau ngasih apa buat si baby ini..udah tak pikirkeun sejak lama, bahkan sejak sebelum nikah..

Cita2 saya..i want to breastfeed my baby pake ASI dong..insya allah semoga dilancarkan jalannya(yaiyalah namapun breastfeed) karena selain kandungan si ASI ini bagus, juga pun mursida dan praktis..secara kendinya kan nempel yah di badan (apalah bahasa gw) dan juga sebagai cara lain untuk menguruskan badan..hehehehe apalagi kalau dibandingin sama harga sufor yang bikin memble itu..bukan mau menjelek2an sufor loh ya..sufor juga ada gizinya kok..dan bisa jadi 2nd choice untuk mereka yang kesulitan ngasih ASI buat anaknya..

Tapi kok..makin kesini saya makin sedih loh baca2 soal ASI..oke..kampanye sih boleh..tapi kalok sampe bilang anak yg minum sufor itu anak sapi..oh well..ga punya perasaan sekali orang yang ngomong kaya gitu..

Di banyak blog juga saya seriiiiiing sekali mendapatkan cibiran2 soal ibu2 yang ngasih anaknya sufor..ada yg bilang ibunya pemales lah..alesan aja ASI ga keluar..endebre endebre endebre..yah meskipun ada juga yang bilang kalau bisa ngasih ASI itu bergengsi banget atau apalah itu..

Oh well..andai mereka2 itu tau perjuangan dan perasaan ibu2 yang gabisa ngasih ASI ke anaknya dan di judge kaya gitu..amat sangat bikin mental down..

Ada salah satu case temen saya yang mana ASI nya itu keluar banyaaak banget, dan anaknya juga lahap banget kalau dikasih ASI..tapi..unfortunately..ASI itu berbahaya buat sang anak..karena anaknya bisa keracunan dan alergi kalau diminumin ASI..

Penyebabnya katanya makanan ibunya..oke..sang ibu diet pantang beberapa jenis makanan..is it work? nope..tetep aja her baby jadi gatel2 merah dan keluar lendir banyak after dikasih ASI..dan begitu diminumin sufor..ajaibnya si merah2 dan lendir2 itu berkurang frekwensi nya..

Si ibu sendiri (yang notabene my dear friend) akhirnya memilih untuk pake sufor aja demi kesehatan bayinya..pilih mana..kekeuh pake ASI dan liat anak lo menderita, atau pilih sufor dan liat anak lo tumbuh dengan sehat? Kalau udah begini? masih mau bilang anak sufor=anak sapi?

Ternyata usut punya usut, penyebab ASI nya jadi semacam racun buat si bayi karena waktu hamil dulu, sang ibu terlalu excited buat massage payudara biar kolostrum dan ASI nya lancar nanti..yang ternyata kelebihan jumlah kolostrum yang amat berlebih sebelum s bayi lahir itulah yg jadi penyebab ASI nya beracun untuk anaknya sendiri..

Sedih loh pas tau dia terpaksa buang simpenan ASIP nya yang berbotol2 di kulkas..sedih juga pas tau perasaan my dear friend karena bukannya malah dapet support dari beberapa anggota keluarga, yang ada malah dibilang ibu males dsb dsb..

Meskipun ASI itu memang yang terbaik unuk bayi..tapi bukan berarti sufor itu jelek dan bahaya buat bayi..anak yang minum sufor juga daya tahan tubuhnya bagus kok, ga beda jauh sama yang minum ASI..

so buat ibu2 atau siapapun di luar sana yang masih nge judge seenaknya..semoga diberikan hidayah yah sama yang di atas untuk setidaknya nggak nge judge lagi orangtua2 yang ngasih anaknya sufor..apapun alasannya..karena gw tau setiap ibu pasti akan berusaha memberikan yang terbaik yang dia bisa untuk anaknya :)

kalok bahasa gw sik.."boook anak juga anak sape..ngapa lu yg repot mencibir2 apa yg dikasih sama emaknya buat si anak sik..kek gada kerjaan lain aje..emang anak situ dah oke?" huahahahahahaha

2 komentar:

  1. duh ksihan amat temen lw.. berlebih gtu asinya tpi malah gak bs kasih ASI,,

    gak kebayang rasanya,, dan baru tau gw malah klo terlalu berlebihan buat massage malah kelebihan kolostrum dan gak bagus.. terimakasih info nyaa..

    BalasHapus
  2. iya ndha..dia dilema berminggu2 pas mutusin anaknya tetep ASI (dan sakit2an) atau sufor yg katanya ga sehat itu tapi si anak ga sakit lagi..

    tiap minum ASI lahap bgt katanya..beda sama kalau minum sufor..

    iya gw juga baru tau klo kelebihan kolostrum pas hamil itu efeknya bisa begitu :(

    BalasHapus