Jumat, 07 Oktober 2011

Teliti sebelum membeli

Teliti sebelum membeli..kayanya hal yang satu ini emang bener2 wajib dilakukan ya..untuk mendapatkan sesuatu yang sesuai dengan harga yang kita bayarkan..

Kenapa sih tiba2 gw ngebahas ini..apakah karena gw jadi korban pembeli yg kurang teliti? nggak kok nggak..gw ngebahas ini karena, recently, baru aja dapet brosur mengenai perumahan baru yang lokasinya persis di sebelah komplek rumah emak, dan harganya juga terjangkau.

Gimana gak mau terjangkau, starting price nya mulai dari 200 jutaan, dengan spesifikasi rumahnya dari bata merah, rangka baja, dll dll, yang cukup berkualitas, plus kenapa murah? karena pas ditanya harga tanah nya per meter, harga yang ditawarkan 1/2 dari harga tanah di komplek si emak..dan, pas liat lokasinya, baru selesai di uruk, which means, harga yang dikasih bener2 harga perdana, dan soon pasti naik..haqul yaqin gw..soalnya lokasi sekitar situ cukup strategis..murah banget kaaaaaan, apalagi setelah liat simulasi KPR nya..ringan banget (ini ringan nya berdasarkan kemampuan gw sama si mas ye)

Setelah gw, emak, babe, dan juga si mas dan kekepoan kami *gilingan ye sekeluarga kepoh* meninjau lokasi si perumahan, datengin kantor marketingnya, dsb dsb..si babe bilang, mending gausah ambil dulu, kantornya masih kosong, dan baru 3 hari dibuka.

Yang anehnya, tiap kali nelpon marketingnya, mau nanya harga untuk tipe hoek, mereka bilang udah sold out..really? kek jualan kacang amat ya..ngejual rumah hoek seluruh unit 3 hari laku..mereka bilang masih ada sisa stok 2 unit, dan kalau mau, bisa bayar bookingan dulu, murah kok cuma 500k aja (termasuk murah ye buat booking tempat doang, secara dimana2 sekali booking itu jutaan dan bs hangus)

Ngerasa agak aneh sama marketingnya, walaupun masih ngiler juga pengen beli unitnya di komplek itu..akhirnya, sekali lagi..2 pasang suami istri (gw +si mas, babe+emak) mengkepoh..si babe sibuk nanya2in soal kepemilikan tanah sama marketing (yang dijawab gatau sama marketingnya) trus, nanya juga sama marketing komplek, soal status tanah yg mau dijadiin komplek baru itu, dan hasilnya..status tanah ga jelas pemilik awalnya siapa, kayanya di indikasikan ada beberapa bagian tanah yang masih berstatus sengketa (soalnya 500m dr komplek, ada lahan yang masih status sengketa belom selesai sampe sekarang)

Sementara kekepoan gw dan si mas, lebih canggih dikit lah..apalagi kalau bukan gugling sampe minus mata nambah soal developernya. (ini baru kepikiran setelah kita nonton di Tv soal developer fiktif di daerah tangerang selatan situ) thank god developernya itu gak fiktif, dan sebelumnya meeka juga punya beberapa proyek perumahan yang sudah selesai.

Gak sampe disitu aja, tetep dong gw ga puas kalo ga mengkepo secara maksimal, akhirnya gw gugling lah itu seluruh proyek perumahan yang dikembangkan sama developer itu, dan hasilnya..kacau balau, seluruh pembelinya komplain, mulai dari serah terima yang telat sampe 2 tahun, sertifikat yg ga sesuai sama unit yang mereka beli, sertifikat yang masih belom keluar juga setelah bertahun2, PBB gabisa dibayar, karena rumahnya gapunya surat, bangunan yang dibangun ga rapi, gada fasos dsb dsb..yang paling penting, seluruh penghuninya udah melakukan komplain mulai dr lisan, sampe ke surat pembaca..hwahhahaha

dan akhirnya udah jelas diputuskan kalau kita gabakal ambil unit disitu, daripada bermasalah..

Lucunya, developer yang satu ini, selalu punya modus yang sama tiap bangun perumahannya, dari kesimpulan sok tau gw ya:

1. mereka selalu bangun perumahan persis disamping perumahan besar, dan ga jarang fasosnya numpang sama  komplek sebelah

2. Jalan utama ke perumahan yang mereka bangun, selalu numpang sama jalan utama komplek lain (dan kayanya it happens juga sama komplek di samping komplek emak, krn jalan masuknya lewat jalur utama komplek emak)

3. Selalu mengklaim bebas banjir, yang kenyataannya..bebas berenang kalau lagi banjir dan gw curiga, disamping komplek si emak itu kan juga emang sering banjir, tapi di klaim bebas banjir..

Jadi, beneran deh jaman sekarang itu kalau mau beli sesuatu harus bener-bener teliti, apalagi kalau mau beli rumah, kalau bisa, dari pengembang yang terpercaya aja deh, walaupun harganya pasti lebih tinggi, tapi jaminan investasi gede..karena mereka pasti perencanaannya mateng banget kalau mau bangun suatu proyek.

buat yang penasaran dan kepo..emang siapa sih developernya..apa sih nama perumahan yang udah mereka bangun? this is the hint..nama developernya, gw singkat dengan inisial NK Grup, proyek perumahannya ada di sekitar bekasi, dan baru-baru ini merambah ke tangerang juga, dengan nama perumahan yang tipikal..diawalin pake kata PURI  diakhiri dengan kata RESIDENCE..

buat yang mau tau komplek apa itu yang baru mau dibangun disamping komplek tempat si emak tinggal..hints nya..taman kuning (pake bahasa inggris yah)

ada yang mau mengkepo? silakan di gugling :D

2 komentar:

  1. wahh iya tuhh brarti emg musti diteliti dl, emg byk yg nawarin murah trus minta booking fee dl tapi gak tau kpn selesainya tuh perumahan yaa..

    BalasHapus