Rabu, 10 Agustus 2011

Eastern KopiTiam, Alam Sutra BSD

Saya..mengakui, bahwa saya ini tukang makan..i eat almost everything, dari tumbuhan sampai ke serangga..yang masih dalam batas kehalalan deh..terlihat bukan dari kegembulan saya?

dan rasanya agak janggal juga di blog pribadi kok ndak pernah ngomongin makanan..padahal..my first love is food..

Okay, let's back to topic..food! Bahagianya memiliki suami yang juga punya hobi sama, jadi enak deh di ajak2 kemana aja buat nyobain makanan makanan enak, salah satunya Eastern Kopitiam di alam Sutra BSD..

Apah? Alam sutra? BSD? JAOOHHH!!!! emang! yang bilang deket sape? xixixixixi..

aku tau resto ini sekitar 2009 karena review dari seorang teman, yang tergila2 sama acar cabenya kopitiam itu..dicemilin loh itu acar sama dia..hedeuh (_ _')

dan juga karena di sini ada durian pancake nya, yang harganya lebih murah dari durian pancake di honeymoon dessert.

Dan untuk pertama kalinya, aku ajakin si mas makan disini, karena mereka jual peking duck dengan harga relatif terjangkau.

Untuk harga makanan, jangan takut, semuanya terjangkau kok, dimsum dimulai dari IDR 8.000 dan menu berat dimulai dari IDR 18.000 an sajah..murah toh..

Nama pun kopitiam, jadi ya pasti yang disediain menu2 singaporean, kayak kaya toast, ada horlicks juga, pecinan food, dan yang lainnya meskipun gak selengkap menu2 khas singaporean..

Berhubung ini resto ramenya ampun2an, entah yang sekedar ngopi sambil ngenet (psstt..disini wi-fi nya ngacir)  atau emang karena pengen makan bareng keluarga, temen atau pacar..jadi disarankan, datanglah kira2 jam 6.30 abis magrib..biar ndak waiting list..

Yak, mari kita membahas menu makanan..berikut yang saya pesan:

1. Peking Duck 1/2 ekor saja IDR 68 k (seinget gw yak udah lupa, ud sebulanan yg lalu makannya)

What can i say about the duck? this is one of my favourite food di resto ini, tapi biasanya pesen set nasi hainam nya, gak pernah pesen only the roast duck 1/2 ekor buat berdua tentunyaaaa

okeh, lalu si bebek sendiri bagaimana..apakah terlihat menggiurkan? pastinya..selain itu bebeknya roasted well, ndak amis, gurih dan bumbunya pas..meskipun kulitnya kurang crispy, dan rasanya cuma gurih2 berbumbu..terlalu datar sih, cukup boring sama rasanya

si bebek ini tentunya datang ditemani dengan semangkuk kecil gravy sauce berwarna merah gelap mengkilat dan beraroma cukup tajam..

Setelah saya mencoba dipping potongan si bebek ini ke dalam sausnya..oh tuhan..i'm in heaven!!!! manisnya, ketajaman bumbunya..the sauce..perfect!! kayanya tuh ga ilang2 rasanya, nempel terus di mulut..melengkapi rasa gurih si bebek..the sauce is the hero! dan si mas pun setuju dengan pendapat saya..

untuk si bebek ini..1/2 ekor ternyata amount yang cukup banyak, well recommended for 3 person..

2. Hainam Rice IDR 6k
Semangkuk nasi beraroma jahe dan kaldu ayam, ditemani dengan kuah kaldu dan acar serta cabe pelengkapnya..adalah teman terbaik untuk menikmasti si bebek tadi..

Boleh dibilang nasi hainam disini cukup enak, rasanya pas, manisnya, gurihnya, asin nya, dan aroma jahenya yang cukup menggugah selera..nampaknya mereka sudah menambahkan porsi jahe jahean yang ada di nasi hainamnya, karena terakhir kali saya makan disini, gak terlalu kecium aroma si jahe, begitupun rasanya..dulu cuma keliatan kayak nasi berminyak..dan tawar

Lalu kaldu ayamnya..biasanya saya tidak terlalu suka menyantap nasi hainam dengan kuahnya, karena normally, kuah ini berasa tawar, tapi tidak dengan yang satu ini..kuah kaldu ini datang bersama dengan aroma wijen yang benar benar membuat berat rasanya untuk tidak terus menerus menghirup kuah kaldu ini..

Sayang, walaupun kualitas rasa nasi hainamnya sudah meningkat, tapi porsinya tetap terlalu banyak..buanyaaaaak banget! semangkuk penuh..literally penuh..

3. Baby kailan saus tiram (lupa harganya)
Untuk yang satu ini, rasanya tak beda jauh dengan resto lain, sayurnya segar, dimasak setengah matang, sehingga masih terasa kriuk kriuk pas disantap..well done..

4. Lumpia Durian IDR 14.5 k
Pancake Durian? udah biasaaaaa..have you try Lumpia Durian? if you never try..this menu is worthed to try..trust me!

Dulu, pertama kali mencoba menu ini, karena terpaksa, soalnya pancake duriannya lagi sold out, dan yang tersisa tinggal lumpia durian.

Mana enak durian dimakan panas2..pikir saya sih dulu gitu, tapi begitu gigitan pertama ini masuk ke mulut..oh tuhan..rasa duriannya yang lembut, manis dan tidak terlalu menyengat menari nari di dalam mulut saya, i'm melted..

3pcs (per porsi) lumpia durian tak akan pernah cukup untuk saya, maka dari itulah, kali ini saya memesan 2 porsi biar si mas juga bisa menikmati..

Menu yang masuk dalam keluarga dimsum ini, terdiri dari kulit risoles tipis diisi dengan fla durian, yang terbuat dari durian asli, gula dengan sedikit maizena dan susu, dibalut dengan tepung panir dan di goreng hingga kuning keemasan.. menjadikan menu ini tak bisa dilewatkan oleh durian freak seperti saya..



5.Teh Tarik (lupa harganya)

Akhirnya, tibalah saat penutupan, yang kali ini diakhiri dengan 2 gelas teh tarik, untuk saya dan si mas.
well, untuk teh tarik ini, buat saya rasanya sama seperti teh susu biasa, nothing special..padahal, saya mengharapkan teh dengan aroma karamel seperti teh tarik yang asli..:(

Untuk sebuah kopitiam, eastern kopitiam ini cukup high recommended, terlebih dengan lumpia durian dan acar cabe nya yang menjadi makanan favorit teman saya itu..serius enak loh, saya akhirnya ikutan nyobain kemaren :P

Menu yang tersedia disini cukup terjangkau, dengan jumlah porsi yang lumayan banyak, tempatnya sendiri pun cukup cozy dan homey, dengan si wi-fi yang ngacir itu..t

Berada persis di seberang RS Omni International, dan dikelilingi dengan berbagai resto lain seperti Radja Ketjil, Bandar Djakarta, Mc D, Hokben, pisa cafe and resto, dan beberapa rumah makan ternama lainnya, Eastern Kopitiam offer you taste you won't forget..

so? tertarik mencoba?

4 komentar:

  1. 2009 udah ada ya??? hmm,,kok gue gak ngeh ye?? gue cabut dari alam sutera situ,,sktr november 2009...tp ga ngeh sm si kopitiam ini..

    huhuhu...mupeng

    BalasHapus
  2. udeh ada maaaaak..dulu cm ada radja ketjil, eastern kopitiam sama mcD doangan..deket sama gerbang alam sutra yg mau ke arah serpong itu..

    BalasHapus
  3. hemmm,,iye yeh... kl radja ketjil sama McD gue tau bgt.. lah dulu pan kantor gue di ruko alam sutera 3 ituh maaaaak...blkg Omni

    BalasHapus