Kamis, 02 Agustus 2012

The breastfeeding story


udah pada tau kayanya yah klo semenjak hamilton dulu gw udah niat banget buat ngasih si bembul ini ASI dan klo di ijinin sama yg di atas..pengen ngASI smp bembul 2 tahun (amin ya allah!)

and then..bembul lahir..senengnya luar biasa pas gw tau ASI gw langsung keluar..meskipun sempet ada sesi sedihnya juga ya..krn sempet terpaksa kasi sufor meskipun dikit..jadi nelangsa gimana gituuu *halah lebay*
ternyata setelah dijalanin awal2nya breastfeeding is not that easy..capek dan susahnya luaaaar biasa..salut sama para mama yg bisa full breastfeed sampe 2thn..dan sembah sujud lah dr gw buat para eping mamas..hail!

Karena banyak kendala2 yang kadang bikin gw hampir give up dan hayuk mareeeeh melipir ke sufor as an easy getaway..

mulai dari nyokap yg sebenernya ngedukung tapi sering banget ngejatohin..begitupun babe dan bembino..thx god pada akhirnya mereka semua full supporting gw..ay lop yu all cupcup

Belom lagi vonis kalau sachika punya alergi dairy food, telor dan seafood yang buat gw harus diet pantang makanan2 tersebut untuk at least paling cepat 6 bulan..lama ya bok..
I have to say bye to all those cake..noodle..seafood..chinese food..milk..chocolate..semua makanan enak laknat yg menggendutkan itu lah pokoknya

Trus isu kekhawatiran klo produksi ASI ga cukup..dia kurang minum dsb dsb karena si bembul ini nemplooook setiap saat kaya gapernah kenyang

Ga cukup sampe situ..masih ada keribetan mompa..susah makan susah mandi susah bergerak even susah tidur! karena ya tadi itu..ditemplokin almost 24/7

dulu pas awal2 kadang mikir klo dikasi sufor gabakal kaya gini..klo haus tinggal masukin susu ke botol..kasi air hangat..done..dia bisa mimik sesuka dia sampe kenyang..

sementara kalau mik ASI dia harus usaha nyedot dulu belom lagi klo terlalu laper dan dia keburu cranky..oh dan karena ASI gampang diserap tubuh..makanya cepet laper lagi bocahnya even baru aja mik sementara produksi ASI belom menuhin kendi nya..dan akibatnya..cranky lagi..sekilas nampak seperti lingkaran setan bukan?

tentu saja beda jauh sama sufor yang bikin kenyang lebih lama krn lemak lebih banyak dan ga segampang itu dicerna sama tubuh bayi yg masi mungil

apalagi kalau malam..sachika bembul hampir 2jam sekali bangun nagih mik nya..dan gw resmi join di zombie club for sure..

belom lagi kalau growth spurt melanda..gw bener2 totally gabisa ngapa2in dan percayalah teman..yang namanya growth spurt ini cuaaaapeknya luar biasa both mother and baby..krn baby gamau brenti mik..gamau tidur dan fussy all the time krn yang namanya lagi growth spurt yaaa..laper muluuu..

disini godaan buat ngasih sufor balik lagi..klo mik sufor ga bakal hampir 2jam bangun laper..baby senang mommy senang..looked like easy win win solution kan? (dan merugikan krn dgn begitu badan gw gabisa belajar adjust sama her needs)

godaan lain datang setiap kali mau visiting om dokter..takut berat ga naik..panjang ga nambah dan divonis gagal tumbuh

karena ketakutan itu gw sampe beli timbangan digital dan nimbang berat sachika bembul almost everyday di bulan pertamanya di dunia (serius nih gw)

dan akhirnya..ketakutan ketakutan dan segala kekhawatiran gw itupun hilang seketika pas visiting dokter dan liat di growth chart nya kalau everything goes well..berat dan panjang nambah signifikan..gada yg perlu dikhawatirin

karena sesungguhnya gw ini amat sangat pemalas dan sedikit parno klo bembul harus mik sufor pasti ribet banget karena gw gapunya asisten (ud ngebayangin cuci botol nan banyak..steril..bangun tgh mlm bikin susu.. Parno harus pup tiap hari..oh no) trus juga tau dia gasuka banget sama sufor

ini bukan euphoria new mommy ya tapi gw amat sangat mencintai saat dimana sachika bembul nyusu..liat muka dia semangat ngisep pas lagi nyusu..minta diunyel..momen momen itu priceless buat gw
saking cintanya gw menyusui..(its kinda addicting somehow) gw jealous dengan semua empeng, botol dan dot yg sachika punya..yang untungnya bocahnya juga gadoyan semua :D

gw seneng perasaan ngerasa dibutuhkan..seneng krn cuma gw yg bisa bikin dia diem dan tenang waktu dia cranky..seneng ditemplokin dan bobok pelukan..seneng karena bonding gw dan dia yg kuat banget..dan yg paling bikin gw bahagia..gw seneng bgt mampu bikin dia tumbuh sehat cuma dengan kasih dia ASI dari tubuh gw sendiri..its the best feeling in the world gada yg bisa gantiin

dan kalau di ijinkan sama yg di atas..gw pengeeeeeen bisa lebih dr sekali melahirkan dan breastfeeding..aku cintaaaa sekali!

tantangan lain selama menyusui ini..produksi ASI gw yg naik turun macem harga saham di BEJ..sampe sampe semua yg org bilang bisa nambah jumlah produksi..gw telen..anything even the mighty jus pare pun udah gw rasain demi bisa nambah produksi..buat nyetok tabungan ASIP buat mik sachika nanti klo gw balik ke kantor

Beruntung karena akhirnya keras kepalanya dan tambengnya gw ini ada gunanya juga..semuanya membuahkan hasil..godaan hanya tinggal godaan

satu persatu tantangannya bisa gw lewatin dan sekarang produksi sudah amat sangat mencukupi kuota alhamdulillah

selama cuti ini..jujur gw gabisa nyetok banyak ya soalnya ditemplokin mulu kan dan hasil pompaan gw bukan jenis yang sekali pompa 150-200ml..dapet 80 per sesi aja udah girang..gak jarang malah cm 30-40 sekali pompa padahal rutin tiap 3 jam..

until last month freezer kulkas emak yg gw jarah sudah out of capacity..overload dipenuhin sama botol ASIP sachika bembul..dan mau gamau harus beli freezer baru

Lucunya semenjak ada freezer yang alhamdulillah dikasih sama emak (krn doi juga ud pusing gabisa nyimpen daging2an berhubung freezernya gw sabotase.. huahaha..ay love yu mama) dan waktu comeback nya gw ke kantor makin deket..entah kenapa malah bikin gw jadi terpacu buat  simpen dan menuhin itu freezer sama ASIP buat sachika..tau gitu mah dr dulu aja yak beli..gausa kebanyakan mikir..bikin rambut ubanan aje!

Dan emang udah jalannya kali ya buat gw menuhin itu freezer.. Jadi gini..dulu pas lahiran salah satu sahabat gw ga tanggung2 ngasih 100pcs botol kaca buat naro ASIP saking dia supportnya buat gw biar jadi busui dan sachika bisa mik ASI terus jadilah sampe sekarang aku tidak usah membeli botol yay!!

Waktu awal ada freezer..ASIP gw yg migrasi dr kulkas emak itu cuma bisa menuhin 1 rak aja meskipun gw ud mulai nyimpen dari sachika umur 2minggu..dikit banget buat persiapan balik ke kantor

Tapi sekarang..H-2minggu sebelum masuk kantor..2minggu semenjak freezer ada di rumah alhamdulillah udah mulai ngisi rak ke 3 jumlahnya pun udah 2x lipat dari stok awal yang tadinya cuma bisa penuhin 1 rak aja  (sungguh gw amazed sm diri sendiri ternyata gw bisa naikin stok secepet ini) dan ditargetin di akhir bulan nanti rak ke 3 penuh..insya allah (updated.. H-2 masuk kantor sudah penuh rak ke 3 nya)


H-2 kembali bekerja alhamdulillah


Doa gw saat ini semoga Sachika bisa punya stok yg cukup..sehat terus..makin pinter makin lucu dan bisa tetep mik ASI sampai 2 tahun (or even more)..insya allah amin! :)
Mohon doanya yaaaah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar